Selasa, 19 April 2011

Menikmati Cita Rasa Teh



Teh banyak dikonsumsi masyarakat sebagai minuman sehari-hari sehingga tak heran teh menjadi minuman yang paling populer dan disukai banyak orang di dunia. Rasanya yang khas dan dapat disajikan panas atau dingin, teh menjadi minuman favorit yang juga mampu memberikan manfaat. Begitu populerna, teh kini dapat dijumpai sebagai minuman kemasan dengan bermacam sensasi rasa. 

Di Indonesia, teh diminum di berbagai kesempatan, pada pagi ataupun sore hari, saat istirahat atau sebagai minuman yang disuguhkan kepada tamu. akan tetapi, kapan pun dan dimanapun itu, mendapatkan teh yang nikmat dapat dilakukan dengan beberapa cara :

    1. Kualitas dan kesegarannya yang tinggi mutlak diperlukan agar selain enak, teh tersebut juga dapat mengeluarkan aroma yang kuat. ada begitu banyak merek dan jenis teh yang mampu memenuhi hal tersebut, tinggal pilih mana yang paling banyak dirasakan sesuai selera.
    2. Faktor berikutnya adalah dengan memilih kualitas air yang akan di gunakan untuk menyeduh teh. Pastikan bahwa air yang digunakan itu sangatlah segar, bersih, tidak menggandung zat besi yang terlampau banyak karena hal tersebut dapat mempengaruhi rasa dan aroma teh tersebut.
    3. Menambahkan pemanis seperti gula pasir, gula batu atau bahan pemanis lain ke dalam teh yang dapat meningkatkan cita rasa dan kenikmatan saat kita menyeruput teh. Setiap jenis teh memiliki perlakuan yang berbeda ketika menggunakan pemanis ini, seperti teh China yang terasa lebih pas dan nikmat bila ditambah pemanis gula batu. Demikian pula dengan bahan lain seperti perasan jeruk lemon yang memberikan sentuhan berbeda pada aroma dan juga rasa teh.
    4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memasak teh menjadi langkah yang tidak boleh dilupakan, karena sedikit banyak akan mempengaruhi cita rasa teh yang dihasilkan. Untuk teh hitam , misalnya membutuhkan waktu 4 sampai 6 menit saat memasak, atau teh hijau yang memerlukan waktu 2 sampai 3 menit. anda juga bisa melihat petunjuk yang ada atau bertanya pada rekan, karena bagaimanapun langkah ini menyangkut pula pada selera masing-masing.


    sumber : kompas, 26 Maret 2011 
    sumber gambar : google

    0 komentar:

    Posting Komentar