Rabu, 13 April 2011

Jurus Ampuh Usir Kantuk di Kantor


rasa kantuk bisa menyerang siapa saja, tak peduli usia dan lokasi. namun, sungguh tak menyenangkan jika kantuk menyerang di waktu kerja. konsentrasi buyar, motivasi kerja menurun, kinerja pun menjadi tidak maksimal.

mengantuk di tempat kerja bisa disebabkan oleh kurangnya jam tidur atau pola tidur yang tidak teratur, kelelahan menatap komputer, kurang aktivitas tubuh dan makan (baik sarapan atau makan siang) terlalu banyak. lantas, apa yang mesti dilakukan untuk menghilangkan kantuk saat di kantor?


Jika rasa kantuk ditimbulkan karena kelelahan dan kurang istirahat, sebaiknya perbaiki pola tidur anda. beristirahatlah cukup, bila perlu, ambillah jatah cuti 1-2 hari untuk beristirahat.

untuk mengatasi rasa mengantuk akibat terlalu lama menatap komputer, layangkanlah pandang dari komputer. istirahatkanlah mata anda agar mata lebih rileks. anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar meja kerja atau mengobrol sejenak dengan rekan kerja asalkan tidak mengganggu pekerjaan.

anda juga bisa melakukan latihan ringan, seperti menggerakkan kepala, tangan dan kaki atau meregangkan otot. cobalah menengok ke jendela dan saksikan pemandangan yang tersaji di luar ruangan.

menyalakan bunyi-bunyian seperti radio dan musik juga bisa merangsang mood dan membantu mengusir kantuk. atau bisa juga dengan meletakkan aromaterapi yang bisa menambah semangat kerja di ruangan anda. pilihlah wewangian yang menyegarkan seperti aroma mint atau buah-buahan.

tak ada salahnya mengusir hasrat ingin tidur dengan mengkonsumsi camilan. anda bisa memilih camilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, atau yoghurt segar. jika mengantuk saat pekerjaan padat, konsumsilah air putih. meminum segelas air putih dapat menyegarkan anda dan membantu menjernihkan pikiran
apabila ada taman di sekitar kantor, keluarlah sejenak dari ruangan anda. berjalan-jalan selama beberapa menit dan menghirup udara segar dengan nafas panjang akan menyegarkan anda kembali.

sebagai antisipasi agar kantuk tidak menyerang saat di kantor, istirahatlah secukupnya. paling tidak, usahakanlah tidur 6-8 jam per hari. jangan lupa untuk berolahraga secara teratur. olahraga akan membuat tubuh semakin fit. dengan tubuh yang bugar, kantuk pun tak mudah menyerang.

0 komentar:

Posting Komentar