Rabu, 30 Maret 2011

7 Langkah Menuju Bahagia


BAHAGIA...

satu kata yang pasti diidam-idamkan banyak orang. kebahagiaan bagi sebagian besar orang menjadi sebuah anugrah dari Sang Maha Kuasa. Namun kebahagiaan tak bisa datang begitu saja hanya dengan memanjatkan doa siang malam. Kebahagiaan pun bukanlah sulapan, yang bila dibacakan mantra "PU JOPA JAPU, AKU BAHAGIA, SIR GOSIR GOSIR", dan "cling" dengan sekejab kebahagiaan akan kita dapatkan. Kebahagiaan butuh usaha. Orang bijak bilang "kalau ingin bahagia, wujudkanlah kebahagiaanmu".

1. Langkah Pertama : FOKUSKAN PADA SOLUSI
Fokuskan semua masalah pada solusi, bukannya pada pikiran-pikiran yang negatif yang akan menimbulkan emosi. kalau kita tak bisa merubah situasi, maka rubahlah tanggapan kita. misal : saat hujan turun, terkadang kita mengeluh "kok hujan si, saya kan gag bawa mantel?" cobalah untuk mengubah tanggapan kita. setidaknya kita berusaha merasa nyaman meski hujan turun. dengan demikian langkah pertama menuju bahagia, sudah ada digenggaman kita.


2. Langkah Kedua : JANGAN PERCAYA SEPENUHNYA PADA PIKIRAN
Tidak semua apa yang kita pikirkan itu benar. jadi jangan percaya 100% pada pikiran. kadang kita memikirkan sesuatu yang tidak-tidak tentang penilaian orang lain terhadap kita. ingat, apa yang kita pikirkan tidak semuanya benar. cintailah diri kita apa adanya.


3. Langkah Ketiga : UCAPKAN TERIMA KASIH

mengucapkan terima kasih kepada seseorang atau sesuatu merupakan salah satu fondasi rumah kebahagiaan kita. terkadang kita sulit untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain,tapi tindakan ini sangat penting untuk kepuasan diri kita, setidaknya kita menghargai diri kita sendiri dan menghargai orang lain. mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi, ucapkan terima kasih kepada sesuatu atau seseorang yang pantas mendapatkannya. selain terima kasih, kita juga harus bisa memaafkan orang lain. sulit memang untuk sebagian orang, tapi kalau kita berusaha, kita pasti bisa melakukannya.

4. Langkah Keempat : MENJAGA KESEHATAN BADAN DAN PIKIRAN
kesehatan badan dan pikiran juga sangat penting pengaruhnya dalam mencapai kebahagiaan lahir batin tanpa alasan. menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan cara oleh raga teratur, makan makanan bergizi, seperti sayur2an dan buah2an. kesehatan pikiran dapat dijaga tentunya dengan berfikiran positif.

5. Langkah Kelima : MENJALIN HUBUNGAN DENGAN TUHAN
Fondasi Rumah Kebahagiaan yang kelima adalah menjalin hubungan dengan Tuhan. mensyukuri segala nikmatNYA, beribadah dan selalu berdoa meminta petunjukNYA adalah cara untuk menjalin hubungan dengan Tuhan.

6. Langkah Keenam : MEMILIKI TUJUAN HIDUP

Manusia bahagia pasti memiliki tujuan hidup. apakah tujuan hidup kita? tujuan hidup saya...tujuan hidup anda pasti berbeda-beda. setiap manusia pasti ingin hidup bahagia secara lahiriah dan batiniah. manusia hidup di dunia dari kebahagiaan dan untuk meraih tujuan hidup masing-masing. kalau kita sudah tahu tujuan hidup kita, yang kita lakukan selanjutnya adalah mewujudkan tujuan itu.

7. Langkah Ketujuh : MENJALIN HUBUNGAN HARMONIS DENGAN SESAMA

manusia hidup di dunia tidaklah sendiri. manusia yang memiliki banyak teman, banyak sodara pasti akan lebih bahagia dari pada manusia yang hanya memiliki sedikit teman ato bahkan tak punya sama sekali.




selamat mencoba...semoga kita bisa mencapai kebahagiaan yang kita impikan. Amin.



sumber : "7 Langkah Menuju Bahagia Lahir Batin" dari Marci Shimoff dan Carol Kline

0 komentar:

Posting Komentar